Chating di IRC Menggunakan HexChat

02.49 Jual Masker Tomo Goods Original 0 Comments


Siapa yang tidak tahu IRC, semua orang pasti pernah mendengan kata IRC meskipun tidak semua sudah pernah mencoba ngobrol-ngobrol di IRC. Karena memang IRC sudah ada dari zaman behulak, dan saya baru mulai menggunakan IRC beberapa hari lalu, ketinggalan zaman banget yak saya haha. Berawal dari grup linux di telegram ada orang yang mengajak gabung di kanal (atau Channel) #ubuntu-indonesia di IRC, karena saya sedang senang-senangnya dengan linux dan kebetulan saya juga make Ubuntu di laptop saya, akhirnya saya mencoba IRC untuk gabung di kanal itu :) . Untuk yg belum tahu IRC bisa ke link ini, disitu ada penjelasan lebih lanjut mengenai IRC. Dan berikut dokumentasi saya,

Instalasi Client IRC (HexChat)

Aplikasi yang di gunakan untuk ber-IRC di namakan client, client yg saya gunakan adalah hexchat. Untuk meng-install hexchat silahkan ketikkan di terminal:
sudo add-apt-repository ppa:gwendal-lebihan-dev/hexchat-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install hexchat
Getting Started

Setelah proses instalasi selasai, jalankan hexchat..
Tampilan awal HexChat seperti ini, mengikuti pengaturan di pc kita, silahkan isi kolom-kolomnya,

Nick Name   : Wajib diisi, nama yg akan dilihat orang lain ketika ngobrol di IRC
Second choice  : Opsional, jika nama yang kamu masukkan di Nick Name tidak tersedia atau sudah di pakai orang lain maka nama ini yang aka kamu pakai.
Third choice    : Opsional, dipakai jika Nick Name dan Second choice tidak tersedia.
User name    : Wajib diisi
Networks   : Pilih saja freenode. Karena kanal #ubuntu-indonesia berada di nets freenode :)

Sekarang klik Connect.
Setelah proses koneksi berhasil, maka akan muncul tampilan berikut:

Silahkan ganti #hexchat dengan #ubuntu-indonesia lalu klik OK.
Maka kamu akan di arahkan menuju kanal #ubuntu-indonesia

Nah, sekarang kamu sudah bisa mulai ngobrol-ngobrol di IRC, silahkan sapa anggota di kanal itu, selamat ber-IRC dan menimba ilmu :)

0 komentar:

Thank You